http://gestaorecursos.cpb.org.br/admin/slot-gacor/https://amm.fadu.edu.uy/wp-includes/assets/slot-gacor-2022/https://casarifa.fadu.edu.uy/wp-content/themes/slot-online-dana/https://www.ftsm.ukm.my/ebuletin/assets/lib/slot-pulsa/http://communications.gov.ls/images/news/slot-gacor/http://publicacionesjuridicas.cali.gov.co/salas/archivos/slot-pulsa/https://concursos.fadu.edu.uy/wp-content/themes/slot-pulsa/https://cronomuebles.fadu.edu.uy/wp-content/themes/slot-gacor-pulsa/https://sia.xoc.uam.mx/slot-deposit-pulsa/http://saadsurveys.da.gov.ph/css/modules/slot-dana/https://www.tramitescoahuila.gob.mx/slot-gacor/http://room.eco.ku.ac.th/main/slot-deposit-dana/http://room.eco.ku.ac.th/images/slot-deposit-pulsa/https://gsat.ntu.edu.tw/images/judi-slot-5000-bandar-casino-online-agen-slot.html Satgas Jogo Tonggo Desa Kadipiro (Relawan Covid-19) – PEMERINTAH DESA KADIPIRO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR PROV JAWA TENGAH
Januari 30, 2023

PEMERINTAH DESA KADIPIRO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR PROV JAWA TENGAH

Terciptanya Desa Kadipiro yang unggul, produktif dan berbudaya dengan berbasis sumber daya masyarakat yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual.”

Satgas Jogo Tonggo Desa Kadipiro (Relawan Covid-19)

TUGAS SATGAS JOGO TONGGO

DESA KADIPIRO

1. Satgas Kesehatan Jogo Tonggo

Mendorong, memastikan dan memantau ter-selenggaranya

protokol kesehatan melawan Covid-19 dengan benar dan efektif di

wilayah RW, seperti:

  1. Meregistrasi setiap orang yang keluar masuk desa terkait dengan  indicator serangan Covid-J 9.
  2. Setelah registrasi, diikuti dengan tindakan pencegahan penyebaran dan penularan Covid—19 dengan membawa orang yang teridentifikasikan sebagai Pasien PDP ke RS rujukan.
  3. Mengupayakan ODP dan OTG untuk menjalankan karantina mandiri selama 14 hari dan menyarankan warga yang sehat untuk hati-hati dan waspada.
  4. Memastikan siapa saja warga RW yang berstatus sebagai OTG, ODP clan PDP setiap hari dimutakhirkan statusnya. Salah satu kegiatannya adalah membuat tabulasi ODP, OTG, PDP clan karantina mandiri (siapa, alamatnya dimana, sudah berapa hari berkarantina, apakah ada perubahan status atau tidak).
  5. Memastikan tempat—tempat strategis tersedia peralatan cuci tangan, penyemprotan disinfektan secara rutin dilakukan, semua warga ketika keluar rumah memakai masker, Memastikan warga memperhatikan jarak fisik
  6. Memberikan pelayanan kesehatan [pemeriksaan suhu badan, pengecekan gejala Covid~19, pengecekan tempat cuci tangan di tempat strategis) terkait dengan pencegahan penyebaran dan penularan Couid»19 dengan menggunakan sarana komunikasi yang ada (telepon, video call, WA, dan lain—lain).
  7. Mendorong praktek hidup bersih dan sehat (makan dan minum seimbang, olahraga, mandi teratur, lingkungan bersih dan istirahat yang cukup).
  8. Berkoordinasi dengan Petugas Kesehatan Desa untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan jika dinilaj ada warga dalam kondisi darurat Satgas Kesehatan Jogo Tonggo langsung membawa pasien ke fasilitas kesehatan terdekat.

Perlengkapan dan peralatan

Perlengkapan Satgas Kesehatan Jogo Tonggo adalah APD (masker,sarung tangan karet dan coverall), handsanifizer, disinfektan dan peralatan yang harus tersedia dengan diadakan secara Gotong Royong.

2. Satgas Ekonomi Jogo Tonggo:

Mengupayakan, memastikan dan memantau ketercukupan

pangan bagi seluruh warga RW di wilayah melalui :

  1. Mendata kebutuhan dasar dan ketersediaan pangan seluruh warga di RW masing-masing.
  2. Mendata warga yang tidak berdaya lagi untuk menyediakan kebutuhan dasar pangannya sehari-hari secara mandiri.
  3. Mengupayakan secara maksimal agar warga yang kekurangan pangan tersebut dapat dibantu.
  4. Memastikan bantuan baik tunai maupun non tunai dari pemerintah pusat, propinsi, kabupaten/kotadan institusi lain agar tepat sasaran clan tepat guna bagi warga yang membutuhkan di wilayah RWnya.
  5. Memastikan kegiatan produksi (bertani, berkebun, UMKM dan lainlain) dan perdagangan seI’ta jasa (warung, kios/toko, penjualan keliling, pedagang kaki lima, simpan pinjarn dan lain—lain) di RW tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan .
  6. Mendorong terjadinya pertukaran barang, makanan dan jasa (barter) Diantara warga di wilayah RW maupun antar RW berbasis gotong Royong.
  7. Melayani kebutuhan belanja bahan dan barang makanan sehari-hari” untuk warga yang melakukan karantina mandiri.
  8. Mendorong terbangunnya lumbung pangan untuk ketersediaan dan ketahanan pangan RW melalui kegiatan jimpitan, tabungan hasil panen pertanian, perkebunan dan produk makanan dan minuman di wilayah RW serta bantuan pangan (makanan dan minuman) dari luar RW.
  9. Mengembangkan gerakan menaman tanaman pangan (padi, jagung, ubi rambat, ketela pohon dan lain-lain), sayuran, buah—buahan, bumbu—bumbuan, apotik hidup dan lain—lain di lingkungan rurnah dan lahan milik umum yang kosong.

Peralatan dan Perlengkapan

Perlengkapan dan peralatan yang minimal harus tersedia/dimiliki oleh Satgas Ekonomi Jogo Tonggo diantaranya fasilitas untuk tempat penyimpanan 9 (sembilan) bahan pokok (Balai Perternuan RW) atau fasilitas yang ada.

3. Satgas Sosial dan Keamanan Jogo Tonggo:

Memastikan keamanan, ketenangan dan kenyamanan bagi seluruh warga RW dengan tugas, sebagaj berikut;

  1. Bersama tirn Kesehatan melakukan pencatatan orang masuk dan keluar di lingkungan RW dengan fokus untuk keamanan, ketenangan dan kenyamanan warga.
  2. Membuat jadwal giliran ronda dan memastikan kegiatan ronda keliling untuk memastikan tidak terjadi kegiatan yang mencurigakan dan merugikan warga di wilayah RW.
  3. Menghindarkan kerumunan.
  4. Memastikan yang berstatus ODP dan OTG tidak keluar rumah.
  5. Menyediakan data pilah penerima bantuan BLT—DD, BPNT, PKH, Pra Kerja, Padat Karya Tunai Desa, Bantuan Provinsi danKabupaten/Kota agar seluruh bantuan tepat sasaran dan tepat guna serta tidak tumpang tindih.
  6. Memastikan kelompok rentan (orang lanjut usia, ibu hamil, difabel, orang sakit menahun7 anak-anak dan lain—lain) mendapatkan perlindungan dan prioritas
  7. Memastikan seluruh kegiatan sosial dilakukan secara gotong royong, sekaligus memastikan keterlibatan aktif warga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
  8. Meredam dan menyelesaikan konflik sosial dengan cara rembugan/musyawarah (Potensi konflik, konflik yang sedang terjadi maupun konflik yang telah terjadi tetapi masih menyisakan problem).
  9. Memastikan kesepakatan warga terkait dengan jam berkunjung /bertamu.
  10. Memastikan setiap rumah mempunyai kentongan sebagai alat komunikasi umum manual,
  11. Memastikan kondusifitas serta memberikan pemahaman kepada
  12. masyarakat bahwa jenazah yang sudah ditangani melalui protokol
  13. kesehatan tidak akan menularkan Covid‘19.
  14. Pengamanan warung-warung 9 (sembilan) bahan pokok,

Perlengkapan dan Petalatan

Perlengkapan dan peralatan menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh RW.

4. Satgas Hihuran Jogo Tonggo

Sebagai upaya mengurangi kejenuhan, masing-masing warga dapat melaksanakan hiburan mandiri dengan mengedepankan kearifan lokal masing—masing wilayah. Pelaksanaan hiburan dimaksud dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Contoh pelaksanaan hiburan antara lain:

  1. Mementaskan kesenian lokal seperti tari, musik (keroncong, klenengan, rebana, klotekan dan lain—lain), mocopat dilakukan melalui media audio, dari rumah masing-masing maupun keliling, sehingga menghindarkan kerumunan dan memastikanjaga jarak fisik terjadi.
  2. Menyelengarakan lomba-lomba karya seni dari rumah masing—masing seperti baca puisi, melukis, bemyanyi, vlog/video keluarga dllidengan pemberitahuan melalui sms, selebaran maupun media social dengan juri berkeliling ke rumah-rumah peserta Iomba (untuk memastikan tidak melanggar protokol kesehatan).
  3. Menyelenggarakan musik kentongan dengan irama, bunyi dan ritme yang disepakati bersama melalui bunyi kentongan yang dipukul dan’ rumahnya masing—masing.
  4. Bentuk hiburan lainnya sesuai dengan kearifan lokal.

Perlengkapan dan Petalatan

Perlengkapan dan peralatan menggunakan fasilitas yang dimiliki atau pengadaan secara Gotong Royong.

Dusun Tedunan
Dusun Jungsari

Dusun Tegan
Dusun Watutumpuk Ngadipiro
Dusun Ngelo Lor
Dusun Banyak
Dusun Deres
Dusun Ngelo Kidul
Dusun Kalibayan